Jason Mraz - I'm Yours

Saturday 7 December 2013

Listview Perhitungan Penjualan Barang

 Listview Perhitungan Penjualan Barang

Desain tampilan seperti berikut ini:

  


Berikut Listing programnya:

Public Class Form1

   
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        RancangTabel()
        K_barang.Items.Add("TS001")
        K_barang.Items.Add("TS002")
        K_barang.Items.Add("VG001")
        K_barang.Items.Add("VG002")
        N_pembelian.Focus()
    End Sub
    Sub RancangTabel()
        Lv.Columns.Add("No Pembelian", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Kode Barang", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Nama Barang", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Merk", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Harga", 90, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Jumlah Beli", 50, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Total Harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.View = View.Details
        Lv.GridLines = True
        Lv.FullRowSelect = True

    End Sub
    Sub hapus()
        N_pembelian.text = ""
        K_barang.text = ""
        N_barang.text = ""
        Merk.text = ""
        Harga.text = ""
        J_beli.text = ""
        T_harga.text = ""
    End Sub
    Sub IsiTabel()
        Dim Lst As New ListViewItem
        Lst.Text = N_pembelian.Text
        Lst.SubItems.Add(K_barang.Text)
        Lst.SubItems.Add(N_barang.Text)
        Lst.SubItems.Add(Merk.Text)
        Lst.SubItems.Add(Harga.Text)
        Lst.SubItems.Add(J_beli.Text)
        Lst.SubItems.Add(T_harga.Text)
        lv.Items.Add(Lst)
    End Sub

    Private Sub K_barang_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles K_barang.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(K_barang.Text, 2)
        If x = "TS" Then
            Merk.Text = "TOSHIBA"
        ElseIf x = "VG" Then
            Merk.Text = "V-GEN"
        End If

        Dim y As String
        y = Microsoft.VisualBasic.Mid(K_barang.Text, 3)
        If y = "001" Then
            N_barang.Text = "FLASHDISK 4GB"
        ElseIf y = "002" Then
            N_barang.Text = "FLASHDISK 2GB"
        End If

        Dim z As String
        z = Microsoft.VisualBasic.Left(K_barang.Text, 5)
        If z = "TS001" Then
            Harga.Text = "105000"
        ElseIf z = "TS002" Then
            Harga.Text = "75000"
        ElseIf z = "VG001" Then
            Harga.Text = "90000"
        ElseIf z = "VG002" Then
            Harga.Text = "60000"
        End If
    End Sub

    Private Sub J_beli_Keypress(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles J_beli.KeyPress
        If e.KeyChar = Chr(13) Then
            T_harga.Text = Val(Harga.Text) * J_beli.Text
        End If
    End Sub

    Private Sub Btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnsimpan.Click
        RancangTabel()
        IsiTabel()
        N_pembelian.Focus()
    End Sub

    Private Sub Btnhapussemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnhapussemua.Click
        Lv.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub Btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnbersih.Click
        N_pembelian.Text = ""
        K_barang.Text = ""
        N_barang.Text = ""
        Merk.Text = ""
        Harga.Text = ""
        J_beli.Text = ""
        T_harga.Text = ""
    End Sub

    Private Sub Btnhapusdata_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnhapusdata.Click
        Lv.Items.Remove(Lv.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub Btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnkeluar.Click
        End
    End Sub
End Class

Tampilan setelah dijalankan dan setelah disimpan.


 



Demikian hasil Postingan Latihan Listview Perhitungan Penjualan Barang

Terima kasih...
 Nama : Melpin Hutauruk
NPM : 12110540






No comments:

Post a Comment